Sabtu, Juni 28, 2008

PENYAKIT INSOMNIA

DEFINISI

Insomnia adalah kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk tetap tertidur, atau gangguan tidur yang membuat penderita merasa belum cukup tidur pada saat terbangun.
Insomnia dikelompokkan menjadi:
# Insomnia primer, yaitu insomnia menahun dengan sedikit atau sama sekali tidak berhubungan dengan berbagai stres maupun kejadian
# Insomnia sekunder, yaitu suatu keadaan yang disebabkan oleh nyeri, kecemasan, obat, depresi atau stres yang hebat.

PENYEBAB

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.

Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.

Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang.
Stadium tidur juga berubah, dimana stadium 4 menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menghilang, dan pada semua stadium lebih banyak terjaga.
Perubahan ini, walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup tidur.

Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut.
Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali.
Kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur.
Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresi.

Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.
Hal ini sering terjadi sebagai akibat dari:
- jet lag (terutama jika bepergian dari timur ke barat)
- bekerja pada malam hari
- sering berubah-ubah jam kerja
- penggunaan alkohol yang berlebihan
- efek samping obat (kadang-kadang)
- kerusakan pada otak (karena ensefalitis, stroke, penyakit Alzheimer).

GEJALA

Penderita mengalami kesulitan untuk tertidur atau sering terjaga di malam hari dan sepanjang hari merasakan kelelahan.

DIAGNOSA

Untuk mendiagnosis insomnia, dilakukan penilaian terhadap:
- pola tidur penderita
- pemakaian obat-obatan, alkohol atau obat terlarang
- tingkatan stres psikis
- riwayat medis
- aktivitas fisik.
Diagnosis berdasarkan kepada kebutuhan tidur secara individual.

PENGOBATAN

Pengobatan insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia.

Orang tua yang mengalami perubahan tidur karena bertambahnya usia, biasanya tidak memerlukan pengobatan, karena perubahan tersebut adalah normal.

Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur; cahaya yang redup dan tidak berisik.

Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres.
Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi.

Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu.

Sumber: www.medicastore.com

PENYAKIT DIABETES

Penyakit kencing manis atau disebut diabetes mellitus (DM) merupakan penyakit menahun yang ditandai dengan kadar gula darah melebihi nilai normal (hiperglikemia). Kondisi ini timbul terutama disebabkan adanya gangguan pada metabolisme karbohidrat (gula) di dalam tubuh. Gangguan metabolisme tersebut antara lain disebabkan oleh adanya gangguan fungsi hormon insulin di dalam tubuh. Pada penderita DM, gangguan fungsi hormon insulin, akan menyebabkan pula gangguan pada metabolisme lemak, yang ditandai dengan meningkatnya kadar beberapa zat turunan lemak seperti trigliserida dan kolesterol. Peningkatan trigliserida dan kolesterol merupakan akibat penurunan pemecahan lemak yang terjadi karena penurunan aktivitas enzim-enzim pemecah lemak, yang kerjanya dipengaruhi oleh insulin.

Oleh karena itu, kondisi hiperglikemia yang terjadi dalam jangka waktu lama akan menyebabkan perubahan fungsi dan metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak. Perubahan-perubahan tersebut dapat menyebabkan kerusakan jaringan, dan kerusakan jaringan inilah yang akan menimbulkan komplikasi-komplikasi. Sementara itu komplikasi kronik DM merupakan faktor resiko utama timbulnya penyakit jantung koroner, penyumbatan pembuluh darah, serebro-vaskuler (stroke), gagal ginjal, gangguan penglihatan, dan lain-lain.

Oleh karena itu jika dibiarkan tidak terkendali, DM dapat menimbulkan penyakit atau komplikasi-komplikasi lain yang dapat berakibat fatal. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan trigliserida merupakan faktor resiko independen yang kuat untuk penyakit jantung koroner, dan pada wanita peningkatan trigliserida berkorelasi dengan peningkatan resiko penyakit jantung koroner mencapai 30 persen.

Penderita DM tidak perlu takut karena resiko timbulnya komplikasi diabetik dapat diantisipasi dengan jalan mengontrol dan mengendalikan kadar gula darah dalam jangka panjang. Pengendalian kadar gula darah secara ketat akan memperbaiki pula kadar trigliserida dan kolesterol pada penderita DM sehingga faktor risiko terkena komplikasi DM dapat dikurangi.

Pemeriksaan laboratorium merupakan bagian penting dalam menanggulangi DM, baik untuk menemukan penyebabnya, diagnosis, pemantauan, maupun deteksi dini adanya komplikasi. Pemeriksaan kadar gula darah di laboratorium yang biasa dilakukan selama ini, umumnya hanya mencerminkan kadar gula darah sesaat, karena hasil pengukuran sangat dipengaruhi oleh faktor makanan, olah raga, emosi, maupun oleh obat-obat yang diminum. Penentuan seseorang menderita DM tidak dapat dilakukan hanya dengan satu kali pemeriksaan kadar gula darah. Oleh karena itu dokter perlu melakukan pemantauan melalui beberapa kali pemeriksaan, disamping juga anjuran untuk mengatur pola makan dan berolah raga. Mengatur pola makan, apalagi atas rekomendasi ahli gizi yang telah diperhitungkan secara seksama, bertujuan mengelola kadar gula maupun kadar lemak darah sesuai kebutuhan tubuh. Berolah raga secara teratur dapat juga membantu menurunkan kadar gula darah karena dengan berolah raga, gula darah dapat dengan mudah dimetabolisme oleh sel-sel tubuh.

Di dalam tubuh kita terdapat sel-sel darah merah yang mengandung hemoglobin, dengan fungsi utama mengikat/menangkap oksigen yang sangat diperlukan tubuh. Dalam keadaan normal, hemoglobin ini dalam kadar tertentu mengikat pula berbagai macam zat lain, salah satunya ialah mengikat glukosa (gula darah). Ikatan antara hemoglobin dengan glukosa ini disebut glikohemoglobin dan diberi kode HbA1C. Glikohemoglobin ini sangat stabil di dalam darah, sehingga pengukuran kadar HbA1C dapat mencerminkan kadar gula di dalam darah. Oleh karena sel-sel darah merah kita memiliki umur kurang lebih tiga bulan (120 hari), maka hasil pengukuran HbA1C dapat mencerminkan kadar gula darah hingga kurang lebih tiga bulan sebelum pemeriksaan.

Berdasarkan hal tersebut, pengukuran kadar HbA1C dapat digunakan sebagai indikator kontrol diabetes yang sangat bagus. Sebagai gambaran kami sampaikan bahwa berdasarkan Konsensus DM Indonesia tahun 1998, nilai HbA1C 4 sampai 5,9 persen menunjukkan pengendalian DM berjalan baik. Dewasa ini telah banyak dokter menyertakan pemeriksaan HbA1C dalam rujukannya guna memantau kadar gula darah pasien, apakah cukup terkendali. Pemantauan kadar gula darah melalui pemeriksaan HbA1C lebih mudah dilakukan karena pasien tidak perlu puasa sebelum pengambilan darah.

Sumber: azman83.multiply.com

PENYAKIT GLAUKOMA

Glaukoma adalah nama penyakit yang diberikan untuk sekumpulan penyakit mata di mana terjadi kerusakan syaraf mata (nervus opticus) yang terletak di belakang mata dan mengakibatkan penurunan penglihatan tepi (perifer) dan berakhir dengan kebutaan.

Pada kebanyakan orang, kerusakan syaraf mata ini disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam bola mata sebagai akibat adanya hambatan sirkulasi atau pengaliran cairan bola mata (cairan jernih yang membawa oksigen, gula dan nutrient/zat gizi penting lainnya ke bagian-bagian mata dan juga untuk mempertahankan bentuk bola mata). Pada sebagian pasien kerusakan syaraf mata bisa juga disebabkan oleh suplai darah yang kurang ke daerah vital jaringan nervus opticus, adanya kelemahan struktur dari syaraf atau adanya masalah kesehatan jaringan syaraf.
Glaukoma adalah salah satu penyebab utama kebutaan dan rusaknya penglihatan di seluruh belahan dunia. 2 tipe glaukoma yang paling sering adalah Primary Open Angle Glaucoma (POAG)/glaukoma sudut terbuka dan Acute/chronic closed angle glaucoma/ glaukoma sudut tertutup. Tipe lain termasuk diantaranya Normal Tension Glaucoma, congenital glaucoma, pigmentary glaucoma dan secondary glaucoma.

Populasi yang berbeda cenderung untuk menderita tipe glaukoma yang berbeda pula. Pada umumnya, orang suku Afrika dan Asia lebih tinggi risikonya untuk menderita glaukoma dan kehilangan penglihatannya daripada orang kulit putih dan glaukoma adalah salah satu penyebab utama kebutaan di Asia.

Apa yang terjadi pada Glaukoma?

Peningkatan tekanan di dalam mata (intraocular pressure) adalah salah satu penyebab terjadinya kerusakan syaraf mata (nervus opticus) dan menunjukkan adanya gangguan dengan cairan di dalam mata yang terlalu berlebih. Ini bisa disebabkan oleh mata yang memproduksi cairan terlalu berlebih, cairan tidak mengalir sebagaimana mestinya melalui fasilitas yang ada untuk keluar dari mata (jaringan trabecular meshwork) atau sudut yang terbentuk antara kornea dan iris dangkal atau tertutup sehingga menyumbat/ memblok pengaliran daripada cairan mata.

Sebagian orang yang menderita glaukoma namun masih memiliki tekanan di dalam bola matanya normal, penyebab dari tipe glaukoma semacam ini diperkirakan adanya hubungan dengan kekurangan sirkulasi darah di daerah syaraf/nervus opticus mata. Meski glaukoma lebih sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia, glaukoma dapat terjadi pada usia berapa saja. Risiko untuk menderita glaukoma diantaranya adalah riwayat penyakit glaukoma di dalam keluarga (faktor keturunan), suku bangsa, diabetes, migraine, tidak bisa melihat jauh (penderita myopia), luka mata, tekanan darah, penggunaan obat-obat golongan cortisone (steroids).

Macam/tipe Glaukoma

Primary open angle glaucoma (Glaukoma sudut terbuka)

Tipe ini merupakan yang paling umum/sering pada glaukoma dan terutama terjadi pada orang lanjut usia (di atas 50 tahun). Penyebabnya adalah peningkatan tekanan di dalam bola mata yang terjadi secara perlahan-lahan. Rata-rata tekanan normal bola mata adalah 14 sampai 16 milimeter air raksa (mmHg). Tekanan sampai 20 mmHg masih dalam batas normal. Tekanan di atas atau sama dengan 22 mmHg diperkirakan patut dicurigai menderita glaukoma dan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tekanan bola mata yang meningkat dapat membahayakan dan menghancurkan sel-sel daripada syaraf/nervus opticus di mata. Begitu terjadinya kehancuran sejumlah sel-sel tersebut, suatu keadaan bintik buta (blind spot) mulai terbentuk dalam suatu lapang pandangan. Bintik buta ini biasanya dimulai dari daerah samping/tepi (perifer) atau daerah yang lebih luar dari satu lapang pandangan. Pada tahap lebih lanjut, daerah yang lebih tengah/pusat akan juga terpengaruh. Sekali kehilangan penglihatan terjadi, keadaan ini tidak dapat kembali normal lagi (ireversibel).

Tidak ada gejala-gejala yang nyata/berhubungan dengan glaukoma sudut terbuka, karenanya sering tidak terdiagnosis. Para penderita tidak merasakan adanya nyeri dan sering tidak menyadari bahwa penglihatannya berangsur-angsur makin memburuk sampai tahap/stadium lanjut dari penyakitnya. Terapi sangat dibutuhkan untuk mencegah berkembangnya penyakit glaukoma ini dan untuk mencegah pengrusakan lebih lanjut dari penglihatan.

Normal tension glaucoma (Glaukoma bertekanan normal)

Glaukoma bertekanan normal adalah suatu keadaan dimana terjadi kerusakan yang progresif terhadap syaraf/nervus opticus dan terjadi kehilangan lapang pandangan meski tekanan di dalam bola matanya tetap normal. Tipe glaukoma ini diperkirakan ada hubungannya, meski kecil, dengan kurangnya sirkulasi darah di syaraf/nervus opticus, yang mana mengakibatkan kematian dari sel-sel yang bertugas membawa impuls/rangsang tersebut dari retina menuju ke otak. Sebagai tambahan, kerusakan yang terjadi karena hubungannya dengan tekanan dalam bola mata juga bisa terjadi pada yang masih dalam batas normal tinggi (high normal), jadi tekanan yang lebih rendah dari normal juga seringkali dibutuhkan untuk mencegah hilangnya penglihatan yang lebih lanjut. Glaukoma bertekanan normal ini paling sering terjadi pada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit pembuluh darah, orang Jepang atau pada wanita.

Angle closure glaucoma (Glaukoma sudut tertutup)

Glaukoma sudut tertutup paling sering terjadi pada orang keturunan Asia dan orang-orang yang penglihatan jauhnya buruk, juga ada kecenderungan untuk penyakit ini diturunkan di dalam keluarga, jadi bisa saja di dalam satu keluarga anggotanya menderita penyakit ini. Pada orang dengan kecenderungan untuk menderita glaukoma sudut tertutup ini, sudutnya lebih dangkal dari rata-rata biasanya. Karena letak dari jaringan trabekular meshwork itu terletak di sudut yang terbentuk dimana kornea dan iris bertemu, makin dangkal sudut maka makin dekat pula iris terhadap jaringan trabecular meshwork. Kemampuan dari cairan mata untuk mengalir/melewati ruang antara iris dan lensa menjadi berkurang, menyebabkan tekanan karena cairan ini terbentuk di belakang iris, selanjutnya menjadikan sudut semakin dangkal. Jika tekanan menjadi lebih tinggi membuat iris menghalangi jaringan trabecular meshwork, maka akan memblok aliran. Keadaan ini bisa terjadi akut atau kronis. Pada yang akut, terjadi peningkatan yang tiba-tiba tekanan dalam bola mata dan ini dapat terjadi dalam beberapa jam serta disertai nyeri yang sangat pada mata. Mata menjadi merah, kornea membengkak dan kusam, pandangan kabur, dsb. Keadaan ini merupakan suatu keadaan yang perlu penanganan segera karena kerusakan terhadap syaraf opticus dapat terjadi dengan cepat dan menyebabkan kerusakan penglihatan yang menetap.

Tidak semua penderita dengan glaukoma sudut tertutup akan mengalami gejala serangan akut. Bahkan, sebagian dapat berkembang menjadi bentuk yang kronis. Pada keadaan ini, iris secara bertahap akan menutup aliran, sehingga tidak ada gejala yang nyata. Jika ini terjadi, maka akan terbentuk jaringan parut diantara iris dan aliran, dan tekan dalam bola mata tidak meningkat sampai terdapat jumlah jaringan parut yang banyak. Serangan akut bisa dicegah dengan memberikan pengobatan.

Berdasarkan hasil survey epidemiologi, glaukoma sudut tertutup lebih sering terjadi di Asia Timur, khususnya keturunan Cina.

Pigmentary glaucoma

Pigmentary glaucoma adalah suatu bentuk yang diturunkan dari bentuk glaukoma sudut terbuka yang mana kejadiannya lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita. Orang yang dengan miop (berkaca mata minus) biasanya yang lebih sering terkena. Bentuk anatomi dari mata merupakan faktor kunci untuk berkembangnya bentuk ini.

Congenital glaucoma

Bentuk ini adalah bentuk yang jarang terjadi, yang disebabkan oleh system pengaliran cairan mata yang abnormal. Ini bisa terjadi pada waktu lahir atau berkembang di kemudian hari. Para orang tua bisa mengetahui jika anaknya menderita kelainan ini dengan cara memperhatikan apakah anaknya sensitif terhadap cahaya, mata yang besar dan berawan/kusam atau mata berair berlebihan. Biasanya diperlukan tindakan bedah untuk menanganinya.

Secondary glaucoma

Bentuk ini adalah sebagai hasil dari kelainan mata lainnya seperti trauma, katarak, atau radang mata. Penggunaan obat-obat golongan steroid (kortison) juga mempunyai kecenderungan untuk meningkatkan tekanan di dalam bola mata.

Bagaimana mendeteksi glaukoma?

Pemeriksaan mata secara rutin dan berkala adalah salah satu cara yang tepat untuk mendeteksi seawal mungkin glaukoma. Test-test untuk glaukoma meliputi:

* Pemeriksaan syaraf optik dengan alat optalmoskop
* Pemeriksaan tekanan mata dengan tonometer
* Jika perlu pemeriksaan lapang pandangan

Bisakah glaukoma diobati?

Meski tidak ada cara untuk menyembuhkan glaukoma, namun kehilangan/kerusakan pandangan dapat dikontrol atau dicegah.

Penanganan termasuk:

* Tetes mata: cara ini merupakan yang paling umum dan sering dan harus dilakukan secara teratur. Sebagian pasien dapat mendapatkan respon yang bagus dari suatu obat sementara yang lainnya bisa tidak mendapatkan respon, namun pemilihan pengobatan harus disesuaikan dengan kebutuhan pasien dan tipe glaukomanya.
* Laser (laser trabeculoplasty): ini dilakukan jika obat tetes mata tidak menghentikan kerusakan penglihatan. Pada kebanyakan kasus, meski telah dilakukan tindakan laser ini, obat tetes mata tetap harus diberikan. Tindakan laser ini tidak memerlukan pasien untuk dirawat di rumah sakit.
* Pembedahan (trabeculectomy) : ini dilakukan jika tetes mata dan penanganan dengan laser gagal untuk dapat mengontrol tekanan bola mata. Sebuah saluran dibuat untuk memungkinkan cairan mata mengalir keluar. Tindakan ini dapat menyelamatkan sisa penglihatan yang ada tapi tidak memperbaiki pandangan.

Sumber: www.pfizerpeduli.com

Penyakit Pencernaan

Penyakit pencernaan adalah semua penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan. Penyakit ini merupakan golongan besar dari penyakit pada organ esofagus, lambung, duodenum bagian pertama, kedua dan ketiga, jejunum, ileum, kolon, kolon sigmoid, dan rektum.

Sumber: Wikipedia Indonesia.

PENYAKIT MAAG

Sakit maag kadang kala memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Tetapi secara umum, jika seseorang merasakan sakit pada daerah ulu hatinya maka mereka biasanya langsung menyebutkan bahwa dia menderita sakit maag. Jika diteliti dari arti katanya sendiri Maag sendiri berasal dari bahasa Belanda artinya Lambung, maka orang yang mempunyai masalah dengan lambungnya akan merasakan bahwa dia mengalami sakit maag.

Secara medis, istilah yang sering digunakan untuk sakit aag ini adalah dispepsia. Secara definisi Dispepsia sendiri adalah rasa nyeri atau tidak nyaman disekitar ulu hati. Pasien dengan dispepsia atau sakit maag ini juga biasanya datang dengan keluhan lain seperti rasa mual bahkan sampai muntah. Selain itu bisa juga timbul keluhan-keluhan lain seperti kembung cepat kenyang, nafsu makan yang berkurang, sering sendawa. Hampir setiap orang sebenarnya pernah merasakan masalah dengan lambungnya tetapi tentunya tidak setiap masalah yang hanya berlangsung sesaat dengan maagnya disebut mempunyai sakit maag.
Pembagian sakit maag
Secara garis besar sakit maag ini dikelompokkan menjadi penyakit maag yang organik dan penyakit maag fungsional. Pembagian ini dilakukan tentunya setelah melalui pemeriksaan terutama pemeriksaan endoskopi atau teropong saluran cerna dalam hal ini tentunya teropong saluran cerna atas. Dispespsia fungsional ditetapkan jika dengan pemeriksaan baik secara endoskopi, pemeriksaan ultrasonografi dan pemeriksaan laboratorium tidak ditemukan penyebab lain dari sakit maag tersebut.

Definisi dispepsia atau sakit maag fungsional mutakhir yang dipublikasi tahun lalu oleh pakar dunia di bidang penyakit lambung menyatakan orang yang mempunyai masalah dengan maagnya berupa nyeri atau rasa panas di daerah ulu hati, rasa penuh atau tidak nyaman setelah makan dan rasa cepat kenyang yang telah berlangsung minimal selama 3 bulan dalam rentang waktu selama 6 bulan. Dari definisi ini jelas bahwa tentunya orang mempunyai sakit maag yang fungsional jika merasakan keluhan pada lambung sudah berlangsung lama.

Dispepsia fungsional ini memang sangat berhubungan erat dengan faktor psikis. Berbagai penelitian memang telah membuktikan hubungan antara faktor fungsional dengan faktor stress yang dialami seseorang terutama faktor kecemasan (ansietas). Penelitian yang kami lakukan dan penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa kejadian sakit maag yang fungsional ini lebih besar dari sakit maag yang organik yaitu mencapai 70-80 % kasus sakit maag.

Tetapi tentunya, adanya kekerapan yang lebih besar dari sakit maag karena fungsional bukan kita selalu beranggapan kalau kita mempunyai masalah dengan maag kita selalu berhubungan dengan masalah stress. Karena tetap harus dipikirkan kemungkinan penyebab organik pada sakit maag tersebut. Dengan mengetahui penyebab dari sakit maag tersebut tentunya pengobatan yang terarah dapat diberikan.

sumber: Kalbe Medical Portal
Penyebab Munculnya Penyakit Maag
Agar tahu bagaimana caranya mencegah sakit maag tidak sering kambuh, kita perlu tahu faktor apa saja yang paling sering menjadi penyebab munculnya nyeri lambung. Ini dia:

1. Kopi, teh atau minuman lain yang mengandung kafein
Kafein dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga menyebabkan gas di lambung naik hingga kerongkongan.

2. Coklat
Coklat mengandung konsentrasi teobromin (sebuah senyawa yang secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi), yang akan melemaskan otot LES, memicu asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Makanan Berminyak dan Berlemak
Makanan tersebut cenderung lambat dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. Hal ini dapat membuahkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

4. Tomat dan produk Berbahan Dasar Tomat
Makanan tersebut semuanya meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik

5. Alkohol
Alkohol bekerja melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan. Alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

6. Rokok
Bahan kimia pada asap rokok dapat melemahkan katup saat dia melewati paru-paru masuk kedalam darah.

7. Makan dalam jumlah Besar
Perut yang 'penuh' dapat memberikan tekanan ekstra pada katup LES, yang akan meningkatkan peluang terjadinya kejadian berbaliknya sejumlah makanan ke kerongkongan.

8. Buah asam dan Jus
Buah-buahan yang berasa asam berikut produknya, seperti jus, berperan dalam melenturkan LES.

9. Makan antara 2-3 Jam Sebelum tidur
Berbaring dengan perut penuh dapat menyebabkan isi perut menekan katup LES, meningkatkan peluang terjadinya refluks makanan ke kerongkongan.

10. Pakaian Terlalu Ketat
Pakaian yang memeluk terlalu ketat di sekitar perut akan menekan perut, sehingga makanan akan terdorong naik mendorong katup LES. Pakaian yang dapat menimbulkan masalah semacam ini antara lain korset dan mengencangkan ikat pinggang terlalu ketat.
Makanan yang Harus Dihindari
Sakit maag paling umum disebabkan oleh makanan dan minuman yang memang seringkali menjadi pemicu datangnya nyeri ulu hati. Agar tak diganggu sakit maag, lebih baik Anda hindari makanan-minuman sebagai berikut:

1. Alkohol
2. Kafein (kopi), minuman karbonasi (misalnya coke)
3. Coklat
4. Buah berasa asam, juga jusnya
5. Makanan berbumbu tajam, pedas, produk susu tinggi lemak
6. Tomat dan Saus Tomat
7. Pepermint dan spearmint

Jika daftar makanan-minuman di atas berhasil Anda hindari (minimal dikurangi), segera ikuti dengan perubahan pola makan. Menurut heartburn.about.com perubahan positif pola makan yang membuat Anda dijauhi sakit maag antara lain:

1. Makanlah dalam porsi kecil. Kenapa? Karena lambung yang penuh (saat Anda makan banyak sekaligus) akan memberikan tekanan ekstra pada katup lower esophageal sphincter (LES, katup yang terletak antara lambung dan kerongkongan), sehingga meningkatkan peluang terjadinya aliran balik asam lambung ke kerongkongan (refluks).
2. Hindari langsung tidur dalam 2-3 setelah makan.
3. Berbaring dengan lambung penuh hanya akan menekan katup LES yang membuat asam lambung gampang berbalik ke kerongkongan.
4. Minumlah banyak air, khususnya setelah minum obat
5. Bagaimana jika sudah melakukan berbagai langkah di atas namun sakit maag tak juga reda? Cobalah konsumsi antasida yang dijual bebas untuk menetralisasi asam lambung seperti Mylanta.

sumber: hanyawanita.com
Apakah "Tekanan Darah Tinggi" Itu?
Obat maag sangat banyak macamnya tergantung penyebab dan gejala dari sakit maag/gastritis yang terjadi. Obat maag biasa terbagi sebagai berikut

1.

Obat maag jenis pengurang asam lambung/antasida
2.

Obat maag jenis penyembuh luka lambung/ antiulserasi
3.

Obat maag anti kembung/antiflatulen
4.

Obat maag anti kejang/antispasmodik
5.

Obat maag anti pembengkakan/antiinflamasi
6.

Obat maag pengatur pencernaan/regulator gastro intestinal
7.

Antibiotika

Yang semuanya bisa tunggal atau kombinasi tergantung penyakit maag.

Jenis Sakit Maag dan Obat Maag-nya

1.Gastritis bakterialis biasanya merupakan akibat dari infeksi oleh Helicobacter pylori (bakteri yang tumbuh di dalam sel penghasil lendir di lapisan lambung).

Tidak ada bakteri lainnya yang dalam keadaan normal tumbuh di dalam lambung yang bersifat asam, tetapi jika lambung tidak menghasilkan asam, berbagai bakteri bisa tumbuh di lambung. Bakteri ini bisa menyebabkan gastritis menetap atau gastritis sementara.

Maka obat maag yang sering diberikan mengandung bismuth atau antibiotik (misalnya amoxicillin dan claritromycin) dan obat anti-tukak (omeprazole).

2. Gastritis karena stres akut, merupakan jenis gastritis yang paling berat, yang disebabkan oleh penyakit berat atau trauma (cedera) yang terjadi secara tiba-tiba.

Cederanya sendiri mungkin tidak mengenai lambung, seperti yang terjadi pada luka bakar yang luas atau cedera yang menyebabkan perdarahan hebat. Setelah penyebabnya (penyakit berat, cedera atau perdarahan) berhasil diatasi tanpa obat maag.

Tetapi sekitar 2% penderita sakit maag/gastritis karena stres akut mengalami perdarahan yang sering berakibat fatal.

Karena itu dilakukan pencegahan dengan memberikan obat maag jenis antasida (untuk menetralkan asam lambung) dan obat maag jenis anti-ulkus yang kuat (untuk mengurangi atau menghentikan pembentukan asam lambung).

Perdarahan hebat karena sakit maag/gastritis akibat stres akut bisa diatasi dengan menutup sumber perdarahan pada tindakan endoskopi.
3. Gastritis erosif kronis bisa merupakan akibat dari:
*
bahan iritan seperti obat-obatan, terutama aspirin dan obat anti peradangan non-steroid lainnya
*

penyakit Crohn
*

infeksi virus dan bakteri.

Gastritis ini terjadi secara perlahan pada orang-orang yang sehat, bisa disertai dengan perdarahan atau pembentukan ulkus (borok, luka terbuka).

Paling sering terjadi pada alkoholik. Sakit maag/Gastritis erosif kronis bisa diobati dengan obat maag jenis antasida.

Penderita sebaiknya menghindari obat tertentu (misalnya aspirin atau obat anti peradangan non-steroid lainnya) dan makanan yang menyebabkan iritasi lambung.

Misoprostol mungkin bisa mengurangi resiko terbentuknya ulkus karena obat anti peradangan non-steroid.

4. Gastritis eosinofilik bisa terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap infestasi cacing gelang.

Eosinofil (sel darah putih) terkumpul di dinding lambung. Untuk meringankan penyumbatan di saluran keluar lambung pada gastritis eosinofilik, bisa diberikan obat maag dengan jenis kortikosteroid atau dilakukan pembedahan.

5.Gastritis sel plasma merupakan gastritis yang penyebabnya tidak diketahui.

Sel plasma (salah satu jenis sel darah putih) terkumpul di dalam dinding lambung dan organ lainnya. Obat maag untuk masalah ini dengan obat maag jenis anti ulkus yang menghalangi pelepasan asam lambung.

Sumber: http://www.biofir-treatment.com

Sabtu, Juni 21, 2008

Penyakit Liver

Penyakit Liver

Definisi

Penyakit hati adalah suatu istilah untuk sekumpulan kondisi-kondisi, penyakit-penyakit dan infeksi-infeksi yang mempengaruhi sel-sel, jaringan-jaringan, struktur dan fungsi dari hati.
Fungsi Hati

Hati adalah suatu organ penting terletak di kwadran kanan atas abdomen. Dia bertanggung jawab untuk:

* Menyaring darah
* Membuat empedu, suatu zat yang membantu pencernaan lemak
* Memproses dan mengikat lemak pada pengangkutnya (protein) termasuk kolesterol. Gabungan lemak dan protein disebut lipoprotein (Chylomicron, VLDL, LDL, HDL), menyimpan gula dan membantu tubuh untuk mengangkut dan menghemat energi.
* Membuat protein-protein penting, seperti kebanyakan yang terlibat pada pembekuan darah
* Memetabolisme banyak obat-obatan seperti barbiturates, sedatives, and amphetamines
* Menyimpan besi, tembaga, vitamin A dan D, dan beberapa dari vitamin B
* Membuat protein-protein penting seperti albumin yang mengatur pengakutan cairan didalam darah dan ginjal
* Membantu mengurai dan mendaurulang sel-sel darah merahJika hati menjadi radang atau terinfeksi, maka kemampuannya untuk melaksanakan fungsi-fungsi ini jadi melemah. Penyakit hati dan infeksi-infeksi adalah disebabkan oleh suatu kondisi yang bervariasi termasuk infeksi virus, serangan bakteri, dan perubahan kimia atau fisik didalam tubuh. Penyebab yang paling umum dari kerusakan hati adalah kurang gizi (malnutrition), terutama yang terjadi dengan kecanduan alkohol.

Gejala-gejala penyakit hati mungkin akut, terjadi tiba-tiba, atau kronis, berkembang perlahan melalui suatu periode waktu yang lama. Penyakit hati kronis adalah jauh lebih umum dari pada yang akut. Angka dari penyakit hati kronis dari laki-laki adalah dua kali lebih tinggi dari wanita. Penyakit hati dapat menjangkau dari ringan sampai berat tergantung dari tipe penyakit yang hadir.

Tanda dan Gejala Penyakit

Gejala-gejala sebagian tergantung dari tipe dan jangkaun penyakit hatinya. Pada banyak kasus, mungkin tidak terdapat gejala. Tanda-tanda dan gejala-gejala yang umum pada sejumlah tipe-tipe berbeda dari penyakit hati termasuk:

* Jaundice atau kekuningan kulit
* Urin yang coklat seperti teh
* Mual
* Hilang selera makan
* Kehilangan atau kenaikan berat tubuh yang abnormal
* Muntah
* Diare
* Warna tinja (feces)yang pucat
* Nyeri abdomen (perut) pada bagian kanan atas perut
* Tidak enak badan (malaise) atau perasaan sakit yang kabur
* Gatal-gatal
* Varises (pembesaran pembuluh vena)
* Kelelahan
* Hipoglikemia (kadar gula darah rendah)
* Demam ringan
* Sakit otot-otot
* Libido berkurang (gairah sex berkurang)
* Depresi

Suatu bentuk parah yang jarang dari infeksi hati disebut acute fulminant hepatitis, menyebabkan gagal hati. Gejala-gejala dari gagal hati termasuk:

* Aplastic anemia, suatu keadaan dimana sumsum tulang (bone marrow) tidak dapat membuat sel-sel darah
* Ascites, terkumpulnya cairan didalam abdomen
* Edema atau bengkak dibawah kulit
* Encephalopathy, kelainan yang mempengaruhi fungsi-fungsi otak
* Hati yang membesar dan perih (sakit)
* Limpa membesar
* Perubahan dalam status mental atau tingkat kesadaran
* Rentan terhadap perdarahan

Penyebab dan Risiko Penyakit

Penyakit hati dapat disebabkan oleh faktor-faktor yang bervariasi. Penyebab-penyebabnya termasuk:

* Kerusakan-kerusakan bawaan sejak lahir atau kelainan-kelainan hati yang hadir pada kelahiran
* Kelainan-kelainan metabolisme atau kerusakan dalam proses dasar tubuh
* Infeksi-infeksi virus atau bakteri
* Alkohol atau keracunan oleh racun
* Obat-obat terentu yang merupakan racun bagi hati
* Kekurangan Gizi (nutrisi)
* Trauma atau luka

Penyakit-penyakit hati yang kemungkinan besar terjadi pada anak-anak termasuk:

* Alagille’s syndrome, suatu kondisi dimana saluran empedu menyempit dan memburuk, terutama pada tahun pertama kehidupan
* Alpha 1- antitrypsin deficiency, suatu penyakit hati genetik pada anak yang dapat menuju ke hepatitis dan sirosis hati
* Biliary atresia, suatu kondis dimana saluran empedu yang terbentang dari hati ke usus halus adalah terlalu kecil penampangnya atau sama sekali tidak ada
* Galactosemia, suatu penyakit keturunan dimana tubuh tidak dapat mentoleransi gula-gula tertentu didalam susu. Gula-gula ini dapat memperluas, menyebabkan kerusakan yang serius terhadap hati dan organ-organ lainnya dari tubuh.
* Hemorrhagic telangiectasia, suatu kondisi dimana pembuluh darah yang tipis mengizinkan perdarahan yang mudah dan sering dari kulit dan saluran pencernaan
* Hepatitis aktif kronis, suatu peradangan hati yang menyebabkan luka yang meninggalkan parut dan gangguan fungsi hati
* Kanker hati, yang dapat berasal dari kanker pada bagian tubuh lainnya yang telah menyebar ke hati
* Neonatal hepatitis, adalah hepatitis pada bayi baru lahir yang terjadi pada beberapa bulan pertama kelahiran
* Reye’s syndrome, suatu kondisi yang menyebabkan meluasnya lemak di hati. Pada beberapa kasus kondisi ini dikaitkan dengan penggunaan aspirin, terutama yang berhubungan dengan chickenpox, influenza, atau penyakit-penyakit lainnya dengan demam
* Thalassemia, satu grup dari anemia yang diwariskan, atau jumlah darah merah yang rendah
* Tyrosinemia, suatu kelainan yang menyebabkan persoalan serius dengan metabolisme hati
* Wilson’s disease, suatu kondisi warisan (keturunan) yang menyebabkan meluasnya dari mineral tembaga didalam hati

Penyakit-penyakit hati yang kemungkinan besar terjadi pada orang dewasa termasuk:

* Batu empedu, yang mungkin dapat menyumbat saluran empedu
* Hemochromatosis, suatu kondisi yang menyebabkan tubuh menyerap dan menyimpan terlalu banyak besi. Penumpukan dari besi menyebabkan kerusakan hati dan organ-organ lainnya
* Hepatitis, suatu peradangan dan infeksi dari hati disebabkan oleh salah satu dari beberapa virus-virus
* Penyakit cystic dari hati, yang menyebabkan luka-luka dan massa-massa yang terisi cairan di hati
* Porphyria, suatu kondisi yang menyebabkan kesalahan fungsi dalam bagaimana tubuh menggunakan porphyrins. Porphyrins adalah sangat penting pada pembuatan haemoglobin didalam sel darah merah, untuk mengangkut oksigen keseluruh tubuh
* Primary sclerosing cholangitis, suatu kondisi yang menyebabkan saluran empedu dari hati menyempit karena peradangan dan luka goresan
* Sarcoidosis, suatu penyakit yang menyebabkan suatu perluasan dari luka-luka di hati dan organ-organ lainnya dari tubuh
* Sirosis, suatu kondisi serius yang menyebabkan jaringan dan sel-sel hati diganti oleh jaringan parut
* Type I glycogen storage disease, yang menyebabkan persoalan pada pengontrolan gula darah ketika sesorang sedang puasa

Penyakit hati yang berhubungan dengan alkohol termasuk:

* Hepatitis alkoholik
* Penyakit fatty liver yang menyebabkan pembesaran hati
* Sirosis alkoholik


Pencegahan Penyakit

Beberapa tapi tidak semua penyakit hati dapat dicegah. Contohnya, hepatitis A dan hepatitis B dapat dicegah dengan vaksinasi.

Cara-cara lain untuk mengurangi risiko penyakit infeksi hati termasuk:

* Mempraktekan kebersihan yang baik, seperti mencuci tangan setelah menggunakan toilet atau mengganti diapers
* Menghindari meminum atau memakai air kran jika berpergian ke luar negri
* Menghindari memakai obat terlarang, terutama penggunaan bersama alat suntik
* Melakukan hubungan sex yang aman
* Menghindari penggunaan bersama alat-alat kesehatan pribadi seperti alat cukur atau gunting kuku
* Menghindari bahan racun dan konsumsi alkohol berlebihan
* Gunakan bat-obatan seperti yang dianjurkan
* Gunakan kehati-hatian pada produk-produk kimia industri
* Makanlah diet yang berimbang baik menurut petunjuk piramid dari makanan
* Dapatkan satu suntikan dari immune globulin sesudah terpapar pada hepatitis A

Diagnosis Penyakit

Dokter dapat menentukan apakah gejala, sejarah kesehatan, dan tes fisik cocok dengan penyakit hati. Hepatomegaly, suatu hati yang membesar dan mengeras dan tanda-tanda lainnya dari penyakit hati dapat ditemukan pada tes-tes yang dilakukan.

Banyak tes-tes lanjutan juga dapat digunakan untuk mendukung diagnosis. Ini termasuk tes-tes darah, seperti:

* Abdominal CT scan atau abdominal MRI, yang menyajikan lebih banyak informasi tentang struktur dan fungsi hati
* ERCP, atau endoscopic retrograde cholangiopancreatography. Suatu tabung kecil yang disebut endoscope digunakan untuk melihat berbagai struktur didalam dan sekitar hati
* Pemeriksaan USG, untuk melihat ukuran dari organ abdomen (perut) dan kehadiran dari massa
* Pemeriksaan X-rays abdomen
* Perhitungan darah lengkap, yang melihat pada tipe dan jumlah dari sel-sel darah didalam tubuh
* Scan hati dengan radiotagged substances untuk menunjukan perubahan-perubahan struktur hati
* Studi GI atas, yang dapat mendeteksi kelainan-kelainan di esophagus yang disebabkan oleh penyakit hati
* Tes fungsi hati, adalah tes darah yang memeriksa enzim-enzim hati yang sangat bervariasi dan produk-produk sampingannya

Pada beberapa kasus, jalan satu-satunya untuk mendiagnosis secara pasti kehadiran dari suatu penyakit hati tertentu adalah dengan biopsi hati. Prosedur ini melibatkan pengambilan sedikit dari jaringan hati untuk pemeriksaan dibawah mikroskop. Biopsi hati mungkin perlu dilakukan beberapa kali untuk melihat kemajuan penyakit dan responnya terhadap perawatan.


Efek Jangka Panjang Penyakit

Efek-efek jangka panjang tergantung dari kehadiran tipe penyakit hatinya. Contohnya, hepatitis kronis dapat menjurus ke:

* Gagal hati
* Penyakit-penyakit pada bagian lain tubuh, seperti kerusakan ginjal atau jumlah darah yang rendah
* Sirosis hati

Efek-efek jangka panjang lainnya dapat termasuk:

* Encephalopathy, adalah memburuknya fungsi otak yang dapat berlanjut ke koma
* Gastrointestinal bleeding (perdarahan gastrointestinal). Ini termasuk perdarahan esophageal varices, yang merupakan pembesaran vena yang abnormal di esophagus dan/atau didalam perut
* Kanker hati
* Peptic ulcers, yang mengikis lapisan perut/lambung

Risiko Pada Orang Lain

Beberapa penyakit hati sangat menular dan mengemukakan risiko pada orang lain. Contohnya, beberapa bentuk dari hapatitis adalah sangat menular melalui hubungan sexual atau makanan dan minuman yang terkontaminasi. Penyakit-penyakit hati lainnya tidak menular seperti biliary atresia.
Perawatan Penyakit

Perawatan untuk penyakit hati termasuk:

* Istirahat di tempat tidur
* Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi
* Hindari obat-obatan yang tidak perlu
* Hindari alkohol
* Makan diet yang berimbang untuk penyakit hati
* Minum obat anti mual jika diperlukan

Perawatan lanjutan tergantung dari tipe dan luasnya penyakit. Contohnya, merawat hapatitis B, hepatitis C dan hepatitis D dapat melibatkan penggunaan obat-obatan seperti obat-obatan anti virus (antiviral) alpha interferon. Obat-obat lain yang digunakan untuk merawat penyakit hepatitis dapat termasuk ribavirin, lamivudine, steroids, dan antibiotik-antibiotik.

Acute fulminant hepatitis dapat menyebabkan gagal hati yang mengancam nyawa. Ini memerlukan tinggal di rumah sakit dan perawatan untuk kelainan perdarahan, encephalopathy, dan persoalan-persoalan nutrisi.

Biliary atresia mungkin dirawat dengan suatu prosedur yang disebut Kasai surgery, suatu prosedur dimana dokter operasi menggantikan saluran empedu dengan bagian dari usus halus bayi.

Hemochromatosis dirawat dengan cara mengeluarkan 0,5 liter darah satu atau dua kali dalam seminggu untuk beberapa bulan sampai satu tahun, tergantung dari keparahan kondisinya. Ini akan menghabiskan secara efektif kelebihan zat besi.

Supplemen vitamin dan mineral diberikan untuk mencegah komplikasi dari primary biliary cirrhosis. Ini termasuk vitamin A, vitamin D, vitamin E, vitamin K, dan kalsium. Cholestyramine dapat juga diberikan untuk meringankan gatal-gatal.

Untuk merawat Wilson’s disease dokter dapat meresepkan obat trientine atau penicillamine. Jika obat-obat ini tidak dapat ditoleransi oleh pasien, maka dia mungkin diminta untuk minum obat zinc acetate.

Efek Samping Perawatan

Efek-efek samping akan tergantung dari perawatan-perawatan ynag digunakan untuk penyakit hati. Antibiotik dapat menyebabkan gangguan lambung atau reaksi alergi. Efek-efek samping dari interferon termasuk penyakit yang seperti flu, dengan demam dan seluruh tubuh sakit.

Suatu transplantasi hati dapat menyebabkan banyak komplikasi-komplikasi, termasuk kegagalan atau penolakan dari hati yang baru. Sesudah transplantasi hati, seseorang perlu meminum obat anti penolakan yang kuat selama hidupnya. Karena obat-obatan ini bertentangan dengan fungsi normal sistim imun, mereka meningkatkan risiko seseorang untuk infeksi-infeksi dan tipe-tipe tertentu dari kanker.
Yang Terjadi Setelah Perawatan

Apa yang terjadi setelah perawatan akan tergantung dari tipe penyakit hatinya dan respon terhadap perawatan. Sebagai contoh, seseorang dengan hepatitis A umumnya tidak memerlukan obat-obatan setelah penyakitnya sembuh. Mereka dapat kembali ke gaya kehidupan normal ketika gejala-gejala penyakitnya telah hilang, walaupun mereka masih mempunyai sedikit jaundice (kulit berwarna kuning).

Seseorang dengan hepatitis B, hepatitis C atau hepatitis D memerlukan untuk dimonitor untuk efek-efek samping maupun keuntungan-keuntungannya selama dan sesudah perawatan dengan interferon. Perawatan dengan alpha interferon mungkin harus diulangi lagi jika penyakitnya kambuh lagi. Seseorang yang telah menerima transplantasi hati akan diperiksa untuk penyakit lainnya dan juga fungsi hati barunya.
Monitor Penyakit

Memonitor penyakit akan tergantung dari tipe penyakit. Tes-tes fungsi hati dapat dilakukan selama periode kunjungan ke dokter, untuk memonitor penyakitnya dan melihat kerja hatinya. Suatu gejala yang baru atau yang memburuk harus dilaporkan ke dokter. Status dari hati mungkin memerlukan biopsi hati yang berulang. Keputusan-keputusan untuk perawatan lanjutan atau transplantasi hati sering dibuat atas dasar tes-tes ini.

Sumber: www.totalkesehatananda.com

Jumat, Juni 20, 2008

MENOPAUSE

MENOPAUSE

menopause itu adalah sesuatu yg alami yang akan di alami wanita manapun (kalo umurnya sampai), bukan penyakit. menopause itu sendiri adalah berhentinya haid secara menetap sebagai akibat menghilangnya pengaruh ovarium terhadap tubuh wanita.

gejalanya :
1. haid tidak teratur
2. gejolak panas
3. sukar tidur
4. jantung berdebar
5. pusing dan mudah pingsan
6. kulit keriput
7. gangguan berkemih, inkontinensia, ngompol

masalah yg muncul setelah menopause :
1. gangguan kardiovaskuler (jantung)
2. osteoporosis (tulang jadi rapuh sehingga meningkatkan angka kejadian patah tulang) osteoporosis bisa menyebabkan penurunan tinggi badan, karena tulang jadi bengkok, trus perut jadi buncit.

trus pas sesi tanya jawab, ada yg nanya, cara memperlambatnya, dijawab: dengan penyuntikan

hormon, tapi hal ini mempunyai efek samping resiko kanker payudara. simalakama.

trus tentang kanker serviks atau kanker leher rahim, (di indonesia merupakan penyebab kematian kedua bagi wanita setelah kanker payudara).
faktor resiko :
1. bergonta-ganti pasangan.
2. menikah di usia remaja (15-20 tahun),
3. merokok
4. sejarah kanker di keluarga
5. kekurangan nutrien seprti vitamin A dan folic acid.

gejala dan tanda:
tanda dini kanker serviks tidak spesifik yang umumnya sangat minimal dan sering diabaikan: sekret vagina yg banyak, berbau, bercak pendarahan.

tanda klasik :
1. pendarahan bercak yang berulang
2. contact bleeding
3. sekret vagina yg berbau
4. stadium lanjut: nyeri yg menjalar sampai ke pinggul, nyeri berkemih, hematuria, pendarahan rektum, edema tungkai bawah, uremia.

pencegahan atau pengobatanya: dengan metoda skrining
1. pap smear.
sel diambil dari serviks dan diteliti di bawah mikroskop untuk mengecek adanya penyakit atau masalah lain.
keunggulan pap smear : sensitivitas tinggi dan false negatif rendah.
kalo di kuliah Kriptografi dan Keamanan Sistem, false negative itu adalah ada penyusup /intruder yang menyusup ke dalam sistem tapi ga diketahui oleh sistem.
partnernya : false positif : aktivitas pengguna yang legal dicurigai sebagai aktivitas yg ilegal.

CMMIW, mudah2an ga jauh beda definisinya di dunia kesehatan.
2. visual inspection with acetic acid / VIA

3. vaksin: mampu meningkatkan upaya melawan penyebaran virus, sebaiknya dimulai usia 9-26 tahun

kapan sebaiknya skrining dilakukan? menrut WHO, minimal 1 kali pada usia 35-40 tahun. kalo memungkinkan: dilakukan setiap 10 tahun pada usia 35-55 tahun. kalo tersedia fasilitas lebih, lakukan tiap 5 tahun pada usia 35-55 tahun. yang ideal dan optimalnya per 3 tahun pada usia 25-60 tahun.

kanker serviks ini tidak meuncul begitu saja, tapi memakan waktu bertahun-tahun. namun, bila diketahui lebih awal akan bisa disembuhkan.

Sumber : http://imairi.wordpress.com

PENYEBAB HAID TIDAK NORMAL

Haid adalah suatu keadaan fisiologi yang tetap dan teratur. Ia
dialami oleh wanita yang berada dalam lingkungan umur yang berupaya
untuk mengandung. Semasa kedatangan haid, seseorang wanita akan
kehilangan darah. Tempoh reproduktif seseorang wanita dicirikan
dengan perubahan ritmik pada rembesan hormon yang diperlukan untuk
pembiakan. Corak ritmik ini dikenali sebagai kitaran seksual wanita
atau kitaran haid.

Fungsi kitaran haid ialah menghasilkan telur (ovum) yang matang
daripada ovari dan menyediakan lapisan dalam rahim untuk implantasi
embrio. Jika tidak berlaku persenyawaan, telur akan mengalami
degenerasi dan dibuang bersama bahan-bahan lain yang keluar daripada
tubuh wanita melalui saluran vagina.

Proses haid akan membuang keluar darah, mukus/lendiran dan sel-sel
yang sudah mati. Proses ini berlaku dalam tempoh yang agak tetap
daripada masa akil baligh sehinggalah menopaus (putus haid) kecuali
semasa mengandung dan penyusuan. Proses haid bermula daripada umur
12 atau 13 tahun tetapi kadangkala seawal umur 10 tahun dan selewat-
lewatnya 16 tahun. Permulaan haid banyak bergantung kepada beberapa
faktor seperti kaum, genetik, suhu persekitaran dan status nutrisi
serta pemakanan. Putus haid berlaku pada purata umur 47 tahun (julat
umur antara 45 hingga 55 tahun). Purata tempoh kitaran haid bagi
wanita yang normal ialah 28 hari. Hari pertama haid dianggap sebagai
hari pertama bagi setiap kitaran baru. Setiap kitaran bagi seorang
wanita yang normal dan sihat ialah di antara 20 hingga 45 hari.
Perbezaan tempoh kitaran bergantung kepada umur. Tempoh aliran
keluar haid juga berbeza-beza.

Purata kitaran haid di kalangan gadis ialah 6.6 hari manakala pada
umur 21 tahun, purata tempoh haid menjadi enam hari sehinggalah
mencapai tahap putus haid. Lebih kurang lima peratus wanita yang
sihat datang haid kurang daripada empat hari dan lima peratus lagi
wanita yang mengalami lebih daripada lapan hari. Jumlah purata darah
dan tisu yang hilang semasa kedatangan haid ialah 70 ml. Wanita yang
berumur kurang daripada 35 tahun akan kehilangan darah lebih banyak
berbanding wanita yang berumur 35 tahun ke atas.

Jumlah keseluruhan cecair badan yang hilang semasa haid ialah di
antara 60 hingga 200 ml.

Sesetengah wanita akan mengalami simtom atau gejala yang tidak
selesa dalam tempoh haid tersebut. Di dalam tempoh tersebut wanita
akan mengalami masalah seperti sakit kepala, pengumpulan cecair,
ketegangan payu dara, mudah meradang, keresahan, sakit tulang
belakang, kesakitan dan kekejangan pada bahagian abdomen serta
tekanan perasaan.

Kehadiran dan keterukan gejala ini berbeza-beza di kalangan wanita.
Masalah ini boleh dibantu oleh ahli farmasi atau diurus sendiri oleh
wanita tersebut. Mereka yang mengalami masalah tersebut yang
berkunjung ke kedai farmasi akan ditemubual untuk memastikan
keterukan masalah dan sama ada wanita berkenaan harus mendapatkan
pemerhatian doktor. Temubual ini juga dapat membantu ahli farmasi
untuk menilai masalah pesakit dan memilih atau menyarankan produk
atau ubat yang sesuai dan berkesan bagi mengatasi masalah tersebut.

Abnormal semasa haid dan cara mengatasi

Tidak semua wanita yang akan mengalami kedatangan haid tanpa
masalah. Adalah dianggarkan seramai 10 peratus wanita mempunyai
masalah sakit puan yang kronik. Sesetengah wanita mempunyai masalah
seperti berikut:

1. Dismenorea

Merupakan satu keadaan di mana wanita mengalami kesakitan dan
kekejangan yang teruk semasa haid. Dianggarkan sebanyak 50% wanita
mengalami masalah ini dengan gejala kekejangan yang berlaku pada
awal kedatangan haid dan hilang selepas satu hingga dua hari tanpa
menjejaskan aktiviti harian. Sebanyak 10% wanita dikatakan mengalami
sakit kekejangan yang teruk pada bahagian bawah abdomen dan kerap
kali disertai gejala sistematik seperti mual, muntah, cirit-birit,
sakit kepala dan kepeningan. Ia juga kerap berlaku di awal tempoh
haid. Masalah dismenorea boleh dikelaskan kepada primer atau
skunder. Dismenorea primer berlaku kerana pengecutan otot rahim dan
akan disebabkan oleh masalah penyakit tertentu. Sebaliknya,
dismenorea sekunder berlaku disebabkan masalah tertentu seperti
endometriosis, fibroids (ketumbuhan otot-otot pada bahagian rahim)
atau penyakit inflamasi pelvik.

Sebelum menyarankan kaedah rawatan, ahli farmasi atau doktor harus
mengenalpasti masa bermulanya sakit berhubung dengan haid tersebut.
Sakit akibat dismenorea primer berlaku sebelum atau semasa dua hari
pertama haid. Jika kesakitan berlanjutan dan menjadi lebih teruk, ia
mungkin diakibatkan oleh masalah yang serius dan perlu dirujuk
kepada doktor pakar.

2. Menoragia

Merupakan pendarahah yang banyak semasa haid. Ini berlaku pada
sembilan peratus hingga 14% wanita dan boleh mengakibatkan beberapa
masalah. Pembekuan darah biasa berlaku semasa pendarahan yang banyak
tetapi ia tidak merbahaya. Wanita perlu berjumpa doktor jika
pendarahan berlaku di antara tempoh haid atau semasa mengandung.

3. Amenorea

Merupakan masalah tidak datang haid (primer) atau kurang alami haid
(sekunder). Sesetengah wanita tidak datang haid melebihi tempoh tiga
bulan. Amenorea primer selalunya dikaitkan dengan kegagalan berlaku
haid sebelum 18 tahun dan dikaitkan dengan disfungsi kromosomal,
pituitari atau ovarian. Pesakit yang mengalami amenorea primer dan
sekunder perlu dirujuk kepada doktor. Amenorea sekunder biasanya
disebabkan oleh mengandung, penyusuan, menopaus dan pemberhentian
pil kontraseptik. Sebab-sebab lain ialah gangguan bahagian
hipotalamus (bahagian otak), kelenjara pituitari, kelenjar adrenal,
ovari dan uterus.

4. Pendarahan dan kesakitan semasa tempoh antara haid

Berlaku di pertengahan kitar haid dan boleh berlaku selama beberapa
jam sehingga beberapa hari. Kesakitan ini boleh disertai dengan
pendarahan. Terdapat hubungan di antara kesakitan interhaid,
pendarahan dan ovulasi. Ramai wanita yang mengalami pendarahan dan
kesakitan yang singkat di antara kitaran haid. Ketidakselesaan ini
biasanya disebabkan oleh ovulasi. Jika masalah in berlanjutan dan
menjadi teruk (melebihi dua hari), wanita tersebut perlu dirujuk
kepada doktor.

5. Sindrom prahaid

Ramai wanita yang mengalami gejala berulang-ulang yang kompleks. Ini
dikenali sebagai Sindrom Prahaid. Biasanya gejala ini membabitkan
rasa mual selama dua atau tiga hari sebelum kedatangan haid atau di
akhir-ahir tempoh haid. Ia disebabkan oleh naik turun paras hormon.
Masa bermula gejala berbeza di kalangan wanita tetapi ia adalah
konsisten bagi setiap wanita. Kebiasaannya, gejala ini disebabkan
oleh gabungan keadaan fisiologi. Psikologi dan faktor budaya. Di
antara gejala yang sering dialami ialah:

Psikologikal - emosi menjadi terlalu sensitif, meradang, lesu,
tertekan, keresahan dan gangguan tidur.

Neurologik - sakit kepala (migrain), pening, pitam, sawan

Payu dara - ketegangan, bengkak

Saluran gastrousus - sembelit, kembung perut, kekejangan pada
bahagian abdomen, ketagihan gula-gula

Kaki dan tangan - bengkak dan berair (edema)

Kurang kencing

Kulit berjerawat


Kenalpasti Sindrom

Kebanyakan wanita yang menggunakan produk farmaseutikal atau ubat
tanpa nasihat doktor dan dengan kata lain mengamalkan swa-pengubatan
adalah wanita-wanita yang sihat dan mengalami gejala-gejala sindrom
prahaid seperti sakit kepala, pengumpulan cecair atau kekejangan
pada bahagian abdomen. Produk atau ubat yang berkaitan dengan
masalah tersebut boleh didapati di kedai farmasi dengan nasihat ahli
farmasi. Adalah penting untuk mendapatkan ubat yang biasa diambil
tanpa memberikan kesan samping serta mujarab. Namun, ahli farmasi
mesti mengenalpasti gejala yang dialami semasa kitaran haid yang
lalu dan bukannya gejala akibat penyakit yang lebih serius dan
memerlukan permerhatian doktor pakar sakit puan (obstretrik dan
ginaekologi).

Wanita harus berwaspada terhadap gejala yang boleh disebabkan oleh
penyakit-penyakit yang lebih serius dan memerlukan rawatan segera.
Di antara masalah yang memerlukan pemerhatian doktor pakar dengan
segera ialah pendarahan yang teruk, tidak datang haid, discaj yang
tidak normal daripada bahagian vagina, kesakitan yang amat sangat
sebelum dan semasa haid, kesakitan ketika melakukan hubungan
seksual, ketumbuhan pada bahagian payu dara atau dicaj yang tidak
normal daripada bahagian puting payu dara.

Kaedah rawatan

Jenis dan keberkesanan rawatan bagi masalah di atas bergantung
kepada kumpulan gejala atau simtom yang dialami oleh wanita:

Sakit - kekejangan otot, sakit kepala, sakit payu dara, sakit
belakang dan lesu.

Pengumpulan cecair - kenaikan berat badan, masalah kulit, sakit payu
dara dan pembengkakan.

Kesan psikologi - sedih, kesepian, keresahan, tidak selesa, mudah
meradang, murung, tertekan.

Ubat-ubat yang ingin dipreskripsi haruslah bergantung kepada
kumpulan gejala di atas serta mengenalpasti tahap gangguan haid yang
telah diterangkan seperti di atas.

Di antara ubat dan kaedah rawatan yang boleh digunakan ialah:

* Ubat penahan atau menghilangkan rasa sakit

* NSAIDs - ubat anti-inflamasi bukan steroid seperti aspirin,
ibuprofen, asid mefenamik - berkesan untuk mengurangkan pendarahan
dan kekejangan. Ia patut diambil tujuh atau sepuluh hari sebelum
datang haid untuk mendapatkan kesan yang maksimum.

* Asetaminofen - Kajian menunjukkan ia boleh mengurangkan paras
fonadotrofin dan estradiol

Hormon

Pil kontraseptif - Ia menghalang penghasilan hormon lelaki dan
merencat reseptor estrogen dalam uterus wanita. Ia kerap digunakan
untuk mengawalatur tempoh haid termasuk masalah dismenorea, amenorea
dan menoragia.

Progesteron dalam bentuk sintetik - Progestin, contoh,
medroksiprogesteron, noretindron, norgestrel, digunakan untuk
masalah menoragia dan mengembalikan masalah haid (seperti tempoh
haid yang tidak tetap) kepada normal.

Analog GnRH (suntikan agen hormon)
Mengurangkan paras hormon estrogen

Kaedah tanpa drug seperti cara pemakanan yang sihat, senaman, teknik
mengurangkan tekanan, kebersihan (penggunaan tuala wanita) dan sokongan sosial.

Oleh Dr. Mohamed Izham Mohamed Ibrahim & Dr. Norlela Maarup (Pusat Racun Negara)

Sumber : http://resipiwanita.blogspot.com

FLEK PADA WAJAH

Apa yang disebut dengan flek wajah ?

Flek wajah merupakan noda atau bercak berwarna coklat atau kehitaman biasanya simetris, terdapat pada wajah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Bila bentuk flek besar disebut sebagai melasma, bila bentuk titik-titik disebut sebagai freckles atau ephelides.

Apa saja penyebab timbulnya flek wajah ?

a. Faktor keturunan. Beberapa orang pada masa dewasa mempunyai “bakat” untuk timbul flek coklat pada wajah
b. Terkena sinar matahari. Ultraviolet yang terdapat di matahari mengakibatkan flek coklat muda menjadi lebih jelas ( coklat tua )
c. Obat hormonal untuk KB bentuk tablet, suntikan hormon-hormon yang memacu produksi pigmen kulit sehingga timbul flek wajah
d. Kehamilan. Pada kehamilan terjadi peningkatan maupun susuk
e. Bahkan kosmetik tertentu dapat mengakibatkan timbulnya flek wajah

Berapa lama pengobatan flek wajah ?

Pengobatan flek wajah membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan yang tinggi, oleh karena krim membutuhkan waktu cukup lama untuk mencapai lapisan kulit sebelah dalam. Efek pengobatan baru terlihat setelah 1 bulan, sedangkan untuk efek maksimal dibutuhkan waktu 3-6 bulan. Flek yang akan hilang dahulu adalah flek yang lebih tipis, sehingga pada awal pengobatan, flek yang tebal akan terlihat lebih jelas karena yang tipis di sekitarnya telah hilang.

Mengapa pengobatan pada flek wajah sering gagal ?

a. Faktor kegagalan terpenting adalah akibat sulitnya menghindari sinar matahari secara langsung. Beratnya kekambuhan flek wajah tergantung dari

1. Kuatnya sinar matahari
a. Terkena sinar langsung berakibat lebih buruk daripada bertopi atau berpayung
b. Terkena sinar pada jam 12.00 lebih buruk daripada jam 09.00 atau 15.00
c. Terkena sinar di lapangan terbuka (laut, lapangan) lebih buruk daripada daerah banyak pohon

2. Lamanya kena sinar matahari
Terkena sinar selama 5 menit lebih buruk daripada 1 menit pada jam dan tempat yang sama

Kegiatan yang menyulitkan pengobatan flek wajah adalah kegiatan yang umumnya dilakukan di bawah sinar matahari langsung seperti berenang, voli, tenis lapangan, bersepeda, gerak jalan, mencuci di depan teras, menjemur pakaian, memelihara tanaman, menunggu bis, jalan-jalan di Dufan atau Taman Mini, dsb.

Dengan kata lain, untuk keberhasilan pengobatan, dibutuhkan prinsip prilaku “ Matahari adalah musuhku “

b. Faktor kegagalan lainnya adalah lupa atau tidak sempat menggunakan krim secara teratur, sehingga obat tidak bekerja secara efektif.

Sumber : http://wienmungil.multiply.com

PENUAAN

Penuaan adalah suatu penyakit.Dapat dicegah, diobati dan dipulihkan
Manusia didalam hidupnya akan mengalami beberapa masa yang secara garis besar terbagi atas empat masa yaitu masa kecil atau kanak-kanak, lalu masa remaja, masa dewasa, dan yang terakhir masa tua. Setiap orang yang hidup didunia ini pasti akan melewati ke empat masa ini.Pada masa kanak-kanak dan remaja, hidup manusia rata-rata mengalami kesehatan yang prima. Kalaupun seorang anak mengalami sakit, maka masa penyembuhan mereka relatif sangat cepat. Akan tetapi ketika mulai menginjak ke masa dewasa dan bahkan masa tua, hidup seseorang akan mengalami masalah-masalah pada kesehatannya seperti misalnya kencing manis, darah tinggi, jantung koroner, dan masih banyak lagi penyakit-penyakit yang biasanya disebut penyakit tua. Ternyata ketika seseorang menginjak masa dewasa, mereka mengalami proses yang dikenal dengan proses penuaan. Jadi proses penuaan ini adalah proses menurunnya kinerja-kinerja yang ada di dalam tubuh manusia.

Sumber : http://penuaan.infogue.com

PENYAKIT JANTUNG

Penyakit jantung. Sebenarnya apa sih itu?

Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah, dalam hal ini adalah jantung dan urat-urat darah.

Jika orang mendengar “ia kena penyakit jantung”, biasanya kebanyakan orang akan berpikir orang tersebut sakit jantung atau jantungnya sakit. Namun sebenarnya, jenis-jenis penyakit jantung itu sendiri bervariasi, seperti : jantung koroner, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, sakit di dada (anginan) dan penyakit jantung rematik.

Penyakit Jantung Koroner
Umumnya orang-orang yang memiliki penyakit jantung kebanyakan menderita penyakit jantung koroner.
Penyakit ini menyerang pembuluh darah dan bisa menyebabkan serangan jantung yang diakibatkan pembuluh arteri yang tersumbat sehingga menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi ke jantung.
Dibawah ini adalh beberapa gangguan yang bisa terjadi pada jantung:

Gagal Jantung
Gagal jantung atau Heart Failure merupakan penyakit jantung yang paling menakutkan. Biasanya jantung penderita berdetak tidak normal atau tidak berdetak sebagaimana mestinya.

Pericarditis
Adalah penyakit radang yang mengitari lapisan jantung yang umumnya diakibatkan infeksi. Namun gangguan ini jarang terjadi.

Irama Jantung Abnormal
Jantung normalnya berdetak 60 – 100 kali per menit. (sekitar 100 ribu / hari). Jantung yang berdetak tidak normal disebut arryhytmia atau dysrhythmia.
Jantung yang berdetak lambat (di bawah 60 kali/ menit) disebut bradyarrhythmias sedang yang cepat (berdetak diatas 100 kali/ menit) disebut tachyarrhytmias.

Heart Valve Disease
Penyakit ini merupakan dangguan jantung akibat rusaknya katup jantung. Katup jantung ini berfungsi sebagai pengatur aliran darah yang masuk searah menuju jantung.

Cardiomyopathies
Gangguan yang meyerang otot jantung itu sendiri yaitu adanya pembesaran atau pengecilan jantung secara tidak normal atau bahkan menjadi kaku.
Sebagai akibatnya jantung bisa menjadi lemah atau jantung memompa secara tidak normal.
Tanpa penanganan lebih lanjut bisa berakibat gagal jantung atau juga jantung bisa berdetak tidak normal.

Congenitas Heart Disease
Biasanya gangguan ini terjadi pada anak kecil dan disebut juga kelainan pada jantung.
Menurut penelitian, 8 – 10 anak dari 1.000 kelahiran bisa terserang gangguan ini. Gejala awal biasanya terdeteksi saat kelahiran atau pada masa kanak-kanak.

Penyakit jantung sendiri biasanya terjadi akibat gaya hidup, pola makan, dan aktivitas sehari-hari yang dijalani si pelaku yang tidak memperhatikan kesehatan.

Sumber : http://artikel-kesehatan-online.blogspot.com

PENYAKIT REMATIK

Para ahli mengindikasikan bahwa vitamin D berkaitan dengan penyakit rematik. Indikasi tersebut terlihat dengan tingginya kasus defisiensi vitamin D pada pasien yang dirawat di klinik rheumatologi.

Seperti dilaporkan peneliti Irlandia, Jumat (13/6), hampir tiga perempat pasien yang dirawat di klinik rheumatologi, dengan keluhan bervariasi seperti sakit otot, sendi, tulang dan tendon, ternyata mengalami kekurangan asupan vitamin D.

Dr. Muhammad Haroon dan rekannya dari South Infirmary-Victoria University Hospital, Cork, membuat kesimpulan tersebut setelah meneliti kasus defisiensi vitamin D pada pasien baru di klinik mereka antara bulan Januari hingga June 2007. Hasil riset mereka juga dipresentasikan dalam Liga Uni Eropa Melawan Rheumatik 2008 di Paris.

Dari 264 pasien yang didata pada periode ini, 231 pasien di antaranya setuju untuk dijadikan responden serta menjalani beragam metode pengukuran vitamin D. Secara keseluruhan, Dr Haroon menemukan162 pasien (70 persen) yang memiliki kadar vitamin D rendah dan 26 persen di antaranya dalam kondisi yang parah. Perbedaan kecil terlihat dalam hasl persentase pasien muda dan pasien tua yang mengalami defisiensi.

Defisiensi yang parah berpengaruh signifikan pada prosentase pasien yang mengalami beragam keluhan seperti penyakit radang senndi, rheumatik, arthritis, sakit pinggang, dan osteoporosis. Menurut Haroon, defisiensi vitamin D yang parah akan meningkatkan risiko keropos tulang atau osteoporosis dan pelembutan tulang (osteomalacia). Sementara itu, defisiensi yang ringan hingga sedang akan menimbulkan keluhan-keluhan rheumatik yang tidak spesfik.
REMATIK adalah salah satu penyakit yang lumrah di derita masyarakat Indonesia baik tua maupun muda. Penyakit ini menyerang sendi dan struktur jaringan penunjang di sekitar sendi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Dalam tingkat yang parah, rematik bahkan dapat menimbulkan kecacatan tetap, ketidakmampuan dan penurunan kualitas hidup.

Di masyarakat, masih terus berkembang mitos dan anggapan yang salah mengenai penyakit ini. Padahal mitos-mitos ini menyesatkan bila dikaji dari sisi medis dan bisa merugikan penderita.

Ahli penyakit dalam dan rheumatolog dari Divisi Rheumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr. Bambang Setyohadi, menjelaskan motis dan fakta seputar penyakit rematik. Berikut poin-poinnya :

1. Sering mandi malam di usia muda memicu rematik di usia tua. Faktanya, sejauh ini belum ada bukti yang menguatkan bahwa mandi malam akan menyebabkan penyakit reumatik. Pada prinsipnya mandi malam atau mandi air dingin tidak menyebabkan rematik. "Pada penderita rematik, mandi air dingin memang bisa membuat otot kaku atau spasme. Kondisi tersebut biasanya membuat sendi tertekan sehingga menimbulkan rasa sakit," ujar Dr. Bambang saat peluncuran Senam Rematik.di Jakarta, Miinggu (25/5) kemarin.

2. Makan kankung atau bayam sebabkan rematik. Tidak ada hasil penelitian yang menghubungkan antara bayam atau kangkung dengan riisko rematik. "Kalaupun yang harus dihindari, bila Anda ditakdirkan menderita rematik adalah makanan yang dapat memicu purin atau bahan yang akan diubah menjadi asam urat seperti jeroan, seafood atau minuman beralkohol," tegas Bambang.

3. Semua penyakit rematik disebabkan asam urat. "Faktanya, hanya sekitar 10 persen saja pengidap rematik yang asam uratnya tinggi. Banyak pasien yang asam urat tinggi justru tidak mengalami rematik," kata Bambang. Menurutnya, asam urat dalam darah yang tinggi belum tentu akan menyebabkan rematik. "Penyakit rematik akan terjadi bila asam urat terkumpul dalam sendi dan membentuk endapan kristal monosodium urat. penyakit ini," terangnya.

3. Penyakit rematik adalah penyakit tulang. Faktanya rematik adalah penyakit yang menyerang persendian tulang dan terdiri dari berbagai jenis diantaranya adalah osteoartritis dan reumatoid artritis. Osteoartritis paling sering menyerang sendi-sendi besar yang mendukung berat badan seperti sendi lulut, panggul, tulang belakang, punggung dan leher meski tidak tertutup kemungkinan menyerang daerah lain sementara reumatoid artiritis dikarenakan sistem imun yang menyerang lapisan atau membran sinovial sendi clan melibatkan seluruh organ-organ tubuh, dapat menyebabkan kecacatan.

4. Penyakit rematik hanya mengincar lansia. Faktanya, rematik menyerang semua orang, tua maupun muda baik pria maupun wanita tergantung pada jenis penyakit rematiknya. Pada rematik jenis osteoartritis umumnya menyerang orang-orang berusia diatas 45 tahun sementara jenis Lupus Eritematosus menyerang wanita muda usia produktif tetapi juga dapat mengenai setiap orang. Para pria lebih mudah terserang Gout.

5. Penyakit rematik adalah keturunan. Faktanya, rematik tidak selalu diturunkan secara langsung dari orang tua ke anak. "Namun begitu, ada kecenderungan faktor keluarga menjadi faktor resiko terjadinya rematik seperti pada Reumatoid Artritis, Lupus Eritematosus Sistemik dan Gout," ujar Dr Bambang.

6. Sakit pada tulang di malam hari adalah tanda gejala rematik. Faktanya, gejala-gejala yang umumnya terjadi pada penderita rematik adalah pegal-pegal dan peradangan pada sendi (merah, bengkak, nyeri, terasa panas dan umumnya sulit digerakkan). Gejala ini tidak terbatas pada malam hari. Bisa menyerang setiap saat.

Sumber : http://www.kompas.com

PENYAKIT OBESITAS

Kegemukan atau obesitas merupakan masalah yang banyak dihadapi akhir-akhir ini. Obesitas juga kurang baik untuk jantung, juga meningkatkan resiko kanker misalnya kanker payudara, kandungan, indung telur, usus besar dan prostat. Operasi juga lebih sulit dilakukan pada orang yang obesitas.
Untuk menghindarinya, kita harus menyesuaikan kalori yang dikonsumsi dengan kegiatan yang kita lakukan. Jika kalori yang kita makan melebihi dari kebutuhan kegiatan yang kita lakukan makan berat badan akan meningkat.
Selain itu faktor genetik juga berperan pada obesitas. Walaupun tidak kalah pentingnya adalah olah raga dan pengendalian pola makan. Upaya menurunkan berat badan secara alamiah dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan porsi olah raga.

Sumber : http://kesehatan.pasarinternet.com

PENYEBAB STROKE

Stroke menyebabkan kerusakan syaraf permanen pada otak sehingga seseorang yang terserang penyakit ini biasanya sulit untuk berbicara atau bergerak. Menyambung kembali syaraf yang rusak akibat stroke merupakan usaha yang sulit untuk dilakukan. Penelitian dengan menggunakan sel punca memberi kemungkinan untuk penyembuhan penyakit ini.

Peneliti dari University of Minnesota, Departemen Neurosurgery dan Stem Cell Institute melaporkan hasil penelitiannya pada bulan Maret 2002 tentang kemampuan adult stem cell dalam menyembuhkan stroke pada binatang. Sel punca yang digunakan dalam penelitian ini diisolasi dan dikembangkan dari sumsum tulang manusia dewasa, kemudian ditransplantasikan pada tikus yang mengalami stroke iskemik pada otaknya. Transplantasi sel punca ini dilakukan pada hari ke tujuh setelah tikus diidentifikasikan menderita stroke iskemik pada otaknya. Sebelum mendapatkan transplantasi, tikus yang menderita stroke iskemik tersebut tidak dapat menggerakkan kaki depan dan kaki belakangnya. Dalam waktu satu minggu setelah mendapatkan transplantasi dengan adult stem cell, tikus tersebut sudah dapat menggerakkan kaki-kakinya.

Sumber : http://hary84.wordpress.com

PENYABAB JERAWAT

Jerawat atau akne ( acne vulgaris, Inggris ) timbul kalo kelenjar lemak ( bahasa keren-nya kelenjar pilosebasea/pilosebaceous gland ) di kulit kita tersumbat oleh asam lemak yang dihasilkan kelenjar itu sendiri. Asam lemak yang menumpuk itu bikin sumbatan di saluran keluar kelenjar lemak tersebut, kebayang kan kalo salurannya “macet” bisa gimana…
Gambarannya kurang lebih seperti macet di pintu tol Pasteur pas akhir minggu kali ye ?
Nah… “kemacetan” itu juga menyebabkan reaksi radang di sekitar saluran kelenjar lemak tadi, makanya jerawat suka kerasa sakit kalo dipegang-pegang.

Penyebabnya bisa karena hormonal (makanya ABeGe banyak yang punya masalah jerawat karena produksi hormonnya berlebih.
Jenis kulit yang berminyak, infeksi bakteri penyebab jerawat ( Corynebacterium acnes, Staphylococcus epidermidis ) , perubahan suhu, kelembaban udara, genetik/ sifat bawaan, atau stress juga bisa memicu timbulnya jerawat.
Banyak kan penyebabnya ?

Jenis jerawat sendiri bisa macam-macam, mulai dari yang berupa komedo ( titik hitam / blackhead ) yang suka muncul di sekitar hidung, sampai bentuk papul / pustula yang berisi nanah, dan yang paling mengganggu ke-pede-an bentuk nodul atau kista.
Penanganan untuk jerawat juga tergantung jenisnya, tapi secara umum bisa diikuti tips-tips berikut :
1. Menjaga kebersihan kulit muka, mencuci muka dengan jenis sabun yang sesuai jenis kulitnya.
2. Jangan memencet jerawat terutama jika tangan kita kotor,
untuk mengeluarkan isi jerawat sebaiknya kunjungi salon untuk facial / dokter spesialis kulit.
2. Bagi yang berkulit berminyak, hindari memakai produk yang dapat menyumbat saluran kelenjar lemak, seperti contohnya alas bedak/foundation.
Jika terpaksa harus memakai pelembab / alas bedak pilih yang oil-free.
3. Pemakaian obat jerawat seperti salep yang mengandung vitamin A (Melavita, Eudyna, Facenol) , antibiotik (Clindamycin) , atau Nicotinamide (Niacef )
Harap diperhatikan bahwa obat jerawat mempunyai efek yang berbeda tergantung pemakainya juga.
4. Obat antibiotik minum / per oral diberikan jika tingkat keparahan tinggi, contohnya pada jerawat yang berbentuk nodul dan jumlahnya banyak, pemakaian antibiotik minum ini harus sesuai saran dokter spesialis kulit.

Sumber : http://syavani.wordpress.com

PENYAKIT WASIR

Penyakit wasir atau ambeien merupakan penyakit yang sering dijumpai. Penyakit ini dikenal juga dengan nama hemoroid. Hemoroid adalah pembuluh darah di daerah dubur. Darah yang terkumpul pada pembuluh darah kecil di daerah dubur ini akan diteruskan ke hati melalui sistem vena porta.

Pada penyakit hemoroid terjadi perubahan pembuluh darah sehingga pembuluh darah tersebut terbendung, sembab, dan meradang. Faktor pencetus terjadinya hemoroid adalah sembelit, diare, dan kehamilan.

Pembuluh darah yang terbendung ini dapat luka ketika tinja melalui dubur sehingga timbul perdarahan yang pada umumnya terjadi setelah buang air besar. Jika terjadi infeksi, maka di samping perdarahan juga dapat terjadi rasa nyeri.

Diagnosis hemoroid biasanya ditegakkan berdasarkan riwayat buang air besar berdarah, nyeri, pembengkakan atau penonjolan pembuluh darah hemoroid. Selain dengan pemeriksaan colok dubur dapat juga dilakukan pemeriksaan melalui cara anuskopi (teropong untuk melihat dubur).

Memang pembuluh darah yang membengkak tersebut dapat menjulur (prolaps) ke luar dubur. Mula-mula hemoroid yang ke luar ini dapat dimasukkan kembali dengan tangan, namun lambat laun menjadi sukar masuk kembali.

Berdasarkan gejala hemoroid dapat dibagi dalam empat derajat yaitu :
I. Terdapat hemoroid, selaput lendir bengkak, belum ada prolaps
II. Timbul prolaps waktu mengedan yang masuk kembali secara spontan
III. Timbul prolaps dan untuk masuk kembali perlu dibantu tangan
IV. Prolaps yang tak dapat dimasukkan kembali.

Sumber : http://software-komputer.blogspot.com

SEMBELIT

SEMBELIT merupakan suatu keadaan pengosongan usus yang jarang berlaku, najis atau tinja (feses) adalah keras dan kecil atau perkumuhan feses menjadi sukar.

Ia mungkin mengakibatkan kesakitan dan jika keadaan serius, boleh mengakibatkan tanda-tanda usus yang tersumbat.

‘‘Obstipation merujuk kepada penyakit sembelit yang serius. Sembelit terjadi mungkin disebabkan oleh cara pemakanan, perubahan hormon, kesan sampingan dari ubat dan perubahan struktur badan manusia.

APAKAH ITU SEMBELIT?
Sembelit adalah kesukaran untuk membuang air besar,atau jarang atau tidak membuang air besar dengan sempurna. Pesakit yang mengalami sembelit akan mendapati najis mereka lebih keras dari biasa, merasa sakit dan susah untuk mengeluarkannya. Terasa seolah-olah najis tersebut tidak dapat dikeluarkan sepenuhnya. Gejala-gejala lain yang mungkin dialami oleh pesakit ialah perut terasa kembung, tidak selesa dan lembap.

SIAPA YANG AKAN MENDAPAT SEMBELIT?
Sembelit ditakrifkan berbeza-beza dari seorang ke seorang. Terdapat pelbagi pendapat tentang apa yang dikatakan bentuk/pola pergerakan usus yang normal. Kebanyakan orang mendakwa bahawa mereka akan mendapat sembelit jika usus mereka tidak bergerak setiap hari. Sebenarnya, tabiat usus yang normal tidak boleh ditentukan oleh jumlah sebenar pergerakan usus dalam sehari atau seminggu.. Pergerakan usus yang normal mungkin berbeza dari 3 kali sehari hingga ke 3 kali seminggu, bergantung kepada diri seseorang itu. Sesetengah dari mereka yang sihat mungkin mengeluarkan najis yang keras sedikit dari orang lain tetapi tidak mengalami sebarang masalah untuk mengeluarkannya. Sembelit merupakan masalah gastrousus yang sangat biasa berlaku. Setiap orang mengalami masalah sembelit, tetapi kebanyakan dari mereka yang melaporkannya terdiri dari kaum wanita, kanak-kanak dan orang tua yang berusia 65 tahun ke atas. Sembelit juga terjadi di kalangan wanita mengandung dan mereka yang baru melahirkan anak atau menjalani sesuatu pembedahan.

APAKAH YANG MENYEBABKAN SEMBELIT?
Di antara penyebab sembelit ialah :

*

Makanan yang kurang serat
*

Kurang mengambil cecair
*

Perubahan corak pemakanan
*

Ubat-ubatan
*

Kurang bersenam
*

Perubahan hidup seperti mengandung, peningkatan umur atau dalam perjalanan/mengembara
*

Terlalu uzur (terbaring di katil)
*

Suka menangguh untuk membuang air besar.
*

Penyalahgunaan julap atau laksatif
*

Dehidrasi/kekontangan
*

Mengalami penyakit saraf dan kongenital.

PENJAGAAN DIRI
Sembelit yang tidak ada kaitannya dengan masalah kesihatan boleh dirawat dengan ubat-ubatan yang tidak perlukan perundingan doktor, di samping mengubah gaya hidup dan menukar cara makan atau pemakanan (diet).

PEMAKANAN
Tingkatkan pengambilan serat dalam makanan (20-35g setiap hari) akan membantu melembutkan najis dan melawaskan pembuangan air besar. Makanan yang mengandungi serat yang tinggi adalah seperti bijirin (beras, oat ,barli, gandum, rai), buah-buahan segar dan sayur-sayuran. Pengambilan serat dalam makanan perlu diamalkan setiap hari untuk menghalang perut menjadi sebu dan terasa senak atau kembung. Serat perlu diambil dengan meminum air lebih banyak.

PERUBAHAN GAYA HIDUP
Perubahan gaya hidup dapat membantu mencegah dan merawat sembelit. Amalkan meminum air secukupnya ( 6 - 8 gelas sehari) termasuklah cecair lain seperti sup, jus buah-buahan dan sayur-sayuran. Kalau anda terasa hendak membuang air besar, jangan suka berlengah atau menangguhkannya.

SENAMAN
Senaman secara tekal adalah penting untuk melawaskan pergerakan najis. Bagi pesakit yang uzur yang berada di kerusi roda atau terbaring di katil mereka perlu dibantu untuk mengubah kedudukan mereka dari masa ke masa.. Mereka perlu dilatih untuk membuat senaman mengecutkan abdomen/perut dan mengangkat kaki.

Ubat-ubatan Biasanya, anda tidak perlu mengambil julap (laksatif) apabila mengalami sembelit yang ringan. Julap atau enema disyorkan untuk jangkamasa terhad sahaja terutama bagi pesakit-pesakit yang tidak menunjukkan sebarang kesan setelah mengubah gaya hidup mereka. Julap atau laksatif ini digunakan untuk merawat sembelit. Ubat ini boleh diambil secara oral/telan dalam bentuk pil, campuran, serbuk atau bintilan dan juga disediakan dalam bentuk supositori atau enema . Terdapat banyak jenis ubat julap bergantung kepada mekanisme tindakannya. Sembelit yang akut atau kronik perlu dirawat dengan cara yang berbeza yang akan ditentukan oleh doktor atau pegawai farmasi.

Julap seringkali disalahgunakan sehingga ia telah menjadi satu kemestian atau tabiat. Adalah penting bagi pesakit menyedari bahawa mereka tidak boleh terlalu bergantung kepada ubat julap. Mereka perlu mengubah cara hidup dengan melakukan senaman secara berkala atau tekal dan mengubah cara makan untuk melawaskan pergerakan usus.

Sumber : http://lynnamill.blogspot.com/2008/05/sembelit.

Kamis, Juni 19, 2008

Greenfield Organic

Greenfield Organic

Cara terbaik memulai gaya hidup sehat Organik…


Melilea Greenfield Organic diformulasikan khusus oleh peneliti dan ahli organic terkemuka, Dr Henry Chang, dengan didasari oleh tiga keampuhan-keampuhan terunggul didunia:

1. Fungsi-fungsi Makanan Organik
2. Fungsi-fungsi Naturopati
3. Fungsi-fungsi Penyembuhan Alami

MELILEA Greenfield Organic berisikan lebih dari 20 macam bahan yang telah di nyatakan bebas polusi hingga pada taraf 0%, termasuk di dalamnya golden grain, sayur-sayuran dan buah-buahan, yang diproses dengan menggunakan teknologi terkini dan tercanggih. Nutrisi botanik yang tak ternilai ini di formulasikan untuk membentuk keseimbangan di tubuh kita.

Melilea Greenfield Organic menyajikan campuran serat yang dapat dilarutkan, bahkan ia mampu sebagai pembersih tubuh yang baik. Makanan organik alami ini memberikan nutrisi botanikal alami termasuk vitamins, garam mineral serta fitonutrient (nutrisi dari tumbuhan).

Sesuai Untuk Segala Usia Dan Kondisi:

* Muda, masa remaja
* Sehat, Sadar akan pentingnya
* Kelemahan umum, kelemahan
* Kanker, penyakit kronis/menahun
* Kekurang berat badan/Kelebihan berat badan
* Sebelum melahirkan/sesudah melahirkan
* Sebelum-operasi/setelah-operasi
* Rematik, radang sendi,denyutan nadi
* Lanjut, masa tua
* Susah tidur
* Sembelit
* Haid tidak teratur
* Penyakit lemah
* Noda-noda penuaan, bintik-bintik
* Sistim kekebalan yang lemah
* Hati yang lemah, perut, fungsi isi perut

Petunjuk Penggunaan

Campurkan 1 atau 2 sendok takaran Melilea Greenfield Organik kedalam segelas air (kurang lebih 250 ml). Aduk rata dan langsung di minum. Untuk rasa yang lebih enak, Anda dapat mencampurkannya dengan Melilea Organik Soya Bean, Melilea Organik Henry apple Orchard atau Orange Garden. Kurang lebih setengah jam kemudian, konsumsi air putih yang cukup.

Tips komsumsi yang baik
Jika anda ingin mempertahankan kesehatan maksimal, gunakan Melilea Greenfield Organic 2 kali sehari, pada waktu pagi, setengah jam sebelum sarapan dan malam hari setengah jam sebelum makan malam. Pastikan anda mengkomsumsi air yang cukup untuk mencegah konstipasi (sulit buang air besar).

Melilea Greenfield Organic dapat digunakan sebagai makanan pengganti. Jika ditujukan untuk menurunkan berat badan, gunakan Melilea Greenfield Organic sebagai makanan pengganti. Cara ini dapat mempercepat penurunan berat badan tanpa harus kehilangan nutrisi-nutrisi penting di dalam tubuh.

Sumber : melilea.site88.net

Rabu, Juni 18, 2008

Penyakit Mematikan KeTiga di Indonesia

Penyakit Mematikan KeTiga di Indonesia

Penyakit kanker tenyata merupakan urutan nomor tiga yang mematika di Indonesia. Selain dalam pengobatanya memerlukan biaya yang cukup besar dan banyak penyebab terjadinya kanker juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan faktor genetik. Faktor lingkungan itu seperti, rokok, alkohol, radiasi, bahan kimia, pola makan yang sembarangan. Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan jaringan yang tidak terkontrol dalam tubuh manusia. Penyakit Kanker yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal, sel kanker ini sangat cepat pertumbuhannya, tidak terkendali dan akan terus membela diri dan menyusup kejaringan sekitarnya dan menyerang organ-organ penting serta saraf tlang belakang.


Angka kematian yang terjadi seitar 5-20% merukan salah satu yang menyebabkan kematian setelah penyakit stroke dan jantung. Jadi perjuangan bagi penderita penyakit kanker ini tidak pernah berhenti,sejak tahun 2000 samapai sekarang. Dari negara china sudah tercantum pengobatan terhadap kanker, tapi karena teknologi belum canggih sehingga pengobatan terjadi secara proses panjang dan sulit. Karena china meracik obat tersebut berdasarkan kanker yang diserang. Tapi jangan salah malah dari china banyak ramuan china yang berkahasiat bisa menyembuhkan atau mengurangi rasa sakit terhadap serangan kanker. Dan meningkatkan daya tahan tubuh atau memperpanjang usia penderita penyakit kanker.


Penyakit kanker menjadi masalah kesehatan global karena angkah kematiannya sangat tinggi, namu bila diketahui sejak dini kanker dapat ditangani secara bertahap, tapi kalau sudah pada tahap tinggi disinilah sulitnya buat mengatasinya karena kanker sudaj berkembang biak terlalu jauh dan sukar ditangani. Dan bukan sipenderita kanker saja yang menderita tapi keluarga yang terdekat disekitarnya karena melihat dalam kondisi yang tidak kuat. Jadi mulai sekarang sayangilah tubuh anda dan rawatlah serta control makanan yang anda komsumsi. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari. Tidak ada salahnya sekali 6bulan atau 1tahun anda mengkontrol atau mengecek kesehatan anda. Apabila terjadi sesuatu anda bisa menaganinya sejak dini.

Sumber : 8l8.blogspot.com

Saya Melayani Pesan Antar Produk Melilea Seindonesia


Untuk Pemesanan, silahkan klik disini !


Melilea International

Melilea International dengan Mengedepankan Philosopy Budayakan Gaya Hidup Organik merupakan salah satu Pemimpin pasar dalam menyediakan produk-produk makanan organik Grade Tertinggi di Kawasan ASIA PASICIF. Produk-produk makanan Organiknya telah banyak memberikan perubahaan kepada jutaan orang dari berbagai Negara. Motto Transform Your Life, dengan Kombinasi Inner & Outer Beauty Product, telah sukses dan sangat menghebohkan di kawasan ASIA PASIFIC termasuk di Indonesia.

Melilea Telah Mengeluarkan Produk Baru yaitu QiNERGY

Integrasi antara seluruh bagian dari Ilmu Kehidupan, Ilmu Bahan Baku Baru dan Seni Tekstil

Kisah dibalik QiNERGY

Qi + Energy = QiNERGY

Qi” adalah bentuk energi untuk pengobatan tubuh menurut Pengobatan Tradisional Cina,

dan penyebaran serta Proses Transmisi “Energy” dapat bekerja dengan maksimal melalui kekuatan Teknologi Biowave QiNERGY.

kandungan gizi dalam Melilea Greenfield Organik

kandungan gizi dalam Melilea Greenfield Organik

Kandungan Organik

Kandungan Organik

Khasiat yang ada di dalam Greenfield Organik

Khasiat yang ada di dalam Greenfield Organik
Melilea Bukanlah Obat Namun Makanan Organik Pengganti Dan Mampu Menyembuhkan Penyakit Seperti Kanker, Jantung, Diabetes,Asma, Ginjal, Bronkitis,Flu,Gondok,Hepatitis,Stroke,Jerawat,Hepatitis, Liver,magg,asam urat,kencing manis,autis,kegemukan,hati. Sebagai Pengobatan Alternatif Yang Aman